BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 10 November 2009

Pohon Pisang Aneh, Berbuah Tanpa Memiliki Batang

Salatiga, CyberNews. Warga Dusun Krajan Desa Tegaron, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, selama dua pekan ini dibuat gempar. Sebab, di dusun tersebut ditemukan setandan buah pisang yang langsung tumbuh di atas tanah tanpa batang dan daun pisang.
Buah pisang setandan itu tumbuh di kebun milik Kiai Mahfudz salah satu ulama desa, yang rumahnya berada di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tholabiyah Tegaron. Mahfudz yang pertama kali melihat tumbuhan aneh itu, awalnya mengira merupakan tumbuhan berbentuk jamur berwarna ungu. Maklum di kebunnya itu sering tumbuh jamur aneka bentuk dan warnanya aneh-aneh.
Namun setelah beberapa hari, tanaman yang tumbuh dan dikira jamur tersebut nampak terlihat sebagai jantung pisang sebagaimana umumnya. Setelah beberapa hari jantung pisang tersebut mekar dan akhirnya menjadi satu tandan buah pisang. Ukurannya relatif kecil dengan panjang sekitar 20 cm dan lebar sekitar 10 cm.
Keanehan itu, tidak diinformasikan Mahfudz kepada orang lain tetapi hanya kepada keluarganya sendiri, karena dirinya khawatir kalau dikira mengada-ada. Akhirnya informasi tersebut diketahui para tetangga juga, sehingga menarik perhatian mereka melihat fenomena alam yang jarang terjadi tersebut. Bahkan informasi dari mulut ke mulut membuat orang dari beberapa daerah penasaran melihat buah pisang aneh tersebut. .
Kemudian agar tidak dimakan hewan ternak dan tidak dipegang oleh pengunjung yang datang, Mahfudz membuat pagar bambu mengelilingi buah pisang aneh tersebut. Warga dan pengunjung yang penasaran ingin melihat buah pisang aneh itu pun tidak dikenai biaya.
''Setiap hari pengunjung yang melihat bisa mencapai 500 orang dan saya tidak mengenakan biaya alias gratis. Bahkan pengunjung ada yang datang pada malam hari,'' ujar Mahfudz.
Mahfudz meyakini fenomena alam yang jarang terjadi di kebun miliknya tersebut merupakan pertanda dirinya bakal mendapat kemurahan rezeki. Sehingga dia berniat akan memelihara hingga kapan pun buah pisang aneh tanpa memiliki batang dan daun itu hidup.
Oleh beberapa warga, pohon pisang aneh tersebut difoto setiap kali mengalami perubahan hingga menjadi buah. Bahkan foto tersebut dibuat selebaran dan disebarkan kepada masyarakat umum.
Salah seorang yang melakukannya adalah Kepala MI Tholabiyah Aziz Sulton Abidin. Menurutnya, dokumentasi itu sengaja dilakukan, jika nantinya pohon pisang itu mati ada bukti otentik yang menceritakan kalau di daerah tersebut pernah ditumbuhi pohon pisang aneh.

0 komentar: